Benda Angkasa

galaksi-1Apa yang terlintas pertama kali kalo ngeliat gambar2 ttg ruang angkasa? Menarik, indah, keren… Bagi pencinta astronomi, melihat gambar2 ttg benda angkasa pasti merupakan hal yang menarik…

Itu juga yg terjadi dengan diri saya… Walaupun ga punya ketertarikan khusus di dunia astronomi atau per-luar angkasa-an, tapi melihat gambar2 benda luar pasti membuat saya terpesona…

Subhanallah,, sungguh indah ciptaan Tuhan…

Advertisements

Untuk direnungkan..

Teman2 para pembaca,, hari ini saya punya bahan renungan untuk kita semua. Mudah2an bisa mengkoreksi shalat kita selama ini.

Dalam pengantarnya, Abu Sangkan mengatakan ada dua jenis shalat, yakni shalat yang dilakukan oleh orang mukmin dan shalat yang dilakukan oleh orang munafik.

Shalat orang mukmin. Shalat orang mukmin adalah shalat yang dilakukan dengan khusyuk. Dalilnya, QS Al Mukminun ayat 1-2.

Sungguh beruntung orang-orang beriman, yang di dalam shalatnya dilakukan dengan rasa khusyu’.

Shalat orang munafik. Shalat orang munafik adalah shalat yang dilakukan dengan tidak khusyuk. Dalilnya, QS An Nisaa’ ayat 142.

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah juga akan membalas atas tipuannya tersebut. Mereka itu apabila melaksanakan shalat dilakukan dengan perasaan malas, dan mereka tidak serius didalam mengingat Allah kecuali hanya sedikit saja.

Semoga kita tidak termasuk kedalam golongan orang2 yang salah… Tetap berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik, dan masuk ke dalam golongan orang2 yang beruntung.. amiiiin..

Bertanya..

Seorang anak yang mempunyai kulit Hitam bertanya kepada gurunya:

“pak,, kenapa matahari cuma ada satu?”

di jawab oleh gurunya:

Continue reading

Uang Kertas Pecahan Rp2000 RI

Lagi2 Bank Indonesia meluncurkan uang pecahan baru..

Kali ini uang pecahan Rp2000 secara resmi diluncurkan pada tgl 9 Juli 2009. Peluncuran bertempat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Uang kertas baru pecahan Rp2.000 berwarna dominan abu-abu, gambar utamanya berupa gambar Pangeran Antasari. Uang pecahan baru ini juga dilengkapi dengan kode Tunanetra (blind code) untuk memudahkan para Tunanetra mengenal dan mengetahui uang pecahan Rp2000 ini. Biar mereka ga ada yang bohongin juga.

Kaya gimana sih uang pecahan yang baru ini? ni dia..

BAGIAN DEPAN

uang kertas baru pecahan 2000 rupiah

Bagian depan uang kertas baru pecahan 2000 rupiah tersebut berisikan:

  • Gambar tampak: berupa ornamen kalimantan selatan yang memendar berwarna hijau kekuningan bila dilihat dibawah sinar ultraviolet.
  • Gambar saling isi Rectoverso: gambar logo BI yang beradu tepat saling mengisi pada bagian depan dan belakang akan terlihat uruh apabila diterawang ke arah cahaya
  • Gambar tersembunyi : berupa tulisan BI yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu.
  • Tanda air : berupa gambar pahlawan nasional pangeran antasari yang akan terlihat apabila diterawang ke arah cahaya.
  • mini teks : berukuran kecil yang dapat dibaca tanpa kaca pembesar berupa tulisan BANKINDONESIA
  • Mikro teks: teks yang hanya dapat dibaca dengan kaca pembesar berupa tulisan ‘BANKINDONESIA’ pada angka nominal 2000, tulisan BANKINDONESIA membentuk ornamen daerah kalimantan, tulisan DUARIBURUPIAH dalam bentuk melingkar dan tulisan BANKINDONESIA yang tersusun secara horisontal.
  • Uang kertas baru pecahan 2000 rupiah ini juga mengakomodasi kebutuhan para tunanetra dengan menyediakan kode Tuna Netra (blind code) di samping kanan bagian muka uang, yaitu berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara intaglio.
  • Gambar Pangeran Antasari (pahlawan nasional asal Banjarmasin) merupakan gambaran utama Uang kertas baru pecahan 2000 rupiah ini dicetak secara intaglio, begitu juga angka nominal, tulisan bank indonesia, dan dua ribu rupiah juga di cetak dalam intaglio sehingga terasa kasar apabila diraba.
  • Benang pengaman yang tertanam di kertas uang dan bertuliskan BI2000 berulang-ulang, yang akan memendar berwarna  merah di bawah sinar ultraviolet.

BAGIAN BELAKANG

uang kertas baru pecahan 2000 rupiah

Bagian Belakang uang kertas baru pecahan 2000 rupiah tersebut berisikan:

  • Gambar utama berupa gambar tarian adat Suku Dayak.
  • Mini teks : berukuran kecil yang dapat dibaca tanpa kaca pembesar berupa tulisan BANKINDONESIA
  • Nomor Seri di kanan atas: tiga huruf dan enam angka berukuran tidak simetris yang memendar orange di bawah sinar ultraviolet
  • Nomor Seri dikiri bawah: tiga huruf dan enam angka berukuran tidak simetris yang memendar hijau di bawah sinar ultraviolet
  • Mikro teks: teks yang hanya dapat dibaca dengan kaca pembesar berupa tulisan ‘BANKINDONESIA’

Jangan kaget ya kalo nerima uang pecahan baru ini. Bukan uang boongan ko.. BI udah secara resmi meluncurkn uang pecahan ini..

Kebun Raya Bogor yang Ternoda

Ternoda??idiih,,,serem bgt sh kata2’y.. Tapi begitulah kenyataanya.. Setelah sekian lama ga pernah mampir lagi ke KRB, minggu lalu, akhir bulan Juli, karena ada tugas dari kampus saya sempatkan mampir ke KRB. Ga banyak berubah, saya masih bisa melihat barisan pohon2 yang menjulang tingggi, walaupun ada beberapa yang sudah mulai rapuh dan tua, tp di situ lah daya tariknya..

Beberapa jam di KRB, saya belum bisa mengamati keadaaan di sana, soalnya masih fokus sama tugas. Tapi, setelah tugas berhasil di selesaikan, mulailah terlihat bagian2 KRB yg menurut saya “ternoda”.  Walaupun sebenarnya, kayanya hal itu ga cuma terjadi di KRB aja, di tempat2 rekreasi lain atau bahkan di kamar mandi umum, ini bisa kita lihat.

Apa sih sebenarnya yang terjadi? Mungkin bagi sebagian orang ini hanyalah hal yang biasa, tapi kalo menurut saya itu hal yang disayangkan.

Continue reading

Hilangnya Kesejukan Bogor

Bener ga sh apa yang ditulis di atas?

Kebanyakan orang pasti setuju sama judul ini. Gimana ga? Bogor yang terkenal sebagai kota hujan, sekarang2 ini udah mulai kehilangan kesejukannya.

Siang hari serasa panas banget, susah kayanya dapet angin sepoi2 kalo ga dari Ac atau kipas angin. Biarpun hujan dateng, tetep aja ga mengurangi kegerahan yang ada.

Beruntung, Bogor masih punya Kebun Raya Bogor yang sedikit banyak lumayan bisa mengurangi ketidaknyamanan cuaca panas. Itu pun kalo kita berada di dalam Kebun Rayanya. Kalo ga? tetep aja panas ga bisa ilang.

Semoga aja pemerintah mulai memperhatikan tata kota di kota Bogor, lebih banyak pohon misalnya. Biar Bogor balik lagi ke keadaan semula, sejuk, banyak dikunjungi oleh orang2 dari luar Bogor.

Ijinkan Saya untuk berpoetry dikit

Nuansa embun di awal hari,

begitu terasa menyejukkan.

Ketika membuka mata,

aromanya begitu menggoda

setiap anggota tubuh tuk mengucap rasa syukur kepada-Nya.

Karena dengan karunia-Nya

kita masih dapat merasakan dan melihat indahnya pagi.

Pagi hari, by Fahmi Fauzi